Tuesday, April 3, 2012

Metode Numerik

Leave a Comment
Metode Numerik adalah salah satu bagian dari ilmu matematika, selain metode numerik matematika masih mempunyai bebarapa cabang ilmu, antaralain Kalkulus, Matriks dan Ruang Vektor dan Matematika Diskrit.
 
Definisi Metode Numerik
Metode Numerik adalah teknik untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang diformulasikan secara matematik dengan cara operasi hitungan (aritmatika).
Kenapa kita harus belajar Metode Numerik ?
Jawaban :
Karena tidak semua permasalahan matematis dapat diselesaikan dengan mudah. Bahkan dalam prinsip matematika, persoalan pertama yang pertama kali dilihat adalah apakah persoalan itu memiliki penyelesaian atau tidak. Jadi, Jika suatu persoalan sudah sangat sulit atau tidak mungkin diselesaikan dengan metode matematis (analitik) maka kita dapat menggunakan metode numerik sebagai elternative untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

 
Prinsip-Prinsip Metode Numerik  
  1. Digunakan jika metode analitik tidak dapat digunakan lagi.
  2. Metode Numerik merupakan pendekatan untuk mendapatkan pemecahan masalah yang dapat dipertanggung jawabkan secara analitik.
  3. Merupakan pendekatan analisis matematis.
Implementasi Metode Numerik
Metode Numerik biasanya digunakan untuk menyelesaikan persoalan matematis yang sulit dijawab dengan menggunakan metode analitik, seperti :

  1. Persamaan non linier. 
  2. Persamaan simultan.
  3. Differensial dan Integral.
  4. Interpolasi dan Regresi. 
  5. Masalah multi variable untuk menentukan nilai optimal yang tak bersyarat.

0 komentar:

Post a Comment